Tingkat SPF yang Dibutuhkan Kulit di Bawah Matahari

Tingkat SPF Yang Dibutuhkan Kulit Di Bawah Matahari

TINGKAT SPF YANG DIBUTUHKAN KULIT DI BAWAH MATAHARI

Tingkat SPF merupakan kadar yang terkandung pada SPF yang mempunyai kemampuan berbeda-beda untuk melindungi kulit di bawah matahari. Kita menyukai aktivitas bersenang-senang menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta, keluarga, sahabat, kerabat sampai dengan kekasih. Aktivitas bersenang-senang seperti apakah yang kamu sukai? Berenang, ke pantai, naik gunung, air terjun, jalan-jalan berburu makanan lezat atau motor-motoran? Apapun aktivitas kesukaan mu tetap harus menjaga dengan baik kulit mu jika aktivitas tersebut terjadi di bawah paparan sinar matahari dan berlangsung lama.

Tidak ada yang tidak tahu bahwa panas matahari yang menyengat pada siang hari adalah salah satu faktor pemicu paling besar bagi buruknya kesehatan kulit manusia. Jika kita banyak beraktivitas di bawah sinar matahari yang menyengat dan tidak melindungi kulit dengan kandungan SPF30 atau lebih, maka kulit akan dengan mudah terpapar sinar uv (ultra violet) yang dengan cepat sinar ini merusak serat-serat elastin dalam kulit. Sehingga menyebabkan kulit cepat keriput, bintik-bintik bahkan ada resiko terkena kanker kulit. Alhasil happy dan enjoy bermain dan beraktivitas di luar ruangan, malah pulangnya menjadi penyesalan karena kulit gosong terbakar sinar matahari. 

Baca Juga: Wow! Ini Manfaat Emas untuk Wajah

Apakah SPF itu?

TINGKAT SPF YANG DIBUTUHKAN KULIT DI BAWAH MATAHARI

SPF (Sun Protection Factor) adalah kandungan pada sebuah produk cosmetic yang mampu melindungi kulit dari radiasi buruk dan sengatan sinar matahari. Apakah jika kamu membeli cosmetic atau sunscreen akan memperhatikan SPFnya?

Ada beberapa tingkatan kandungan SPF mulai dari SPF15, SPF30, SPF50, SPF75, SPF100. Jadi berapa SPF pada sunscreen mu? Apakah jika kamu memilih sebuah produk dengan memperhatikan kandungan SPFnya, maka kamu juga mempertimbangkan tingkatan yang terkandung dalam SPF tersebut?

Tingginya kandungan SPF tidak menawarkan perlindungan yang jauh berbeda pada setiap tingkatannya. Rentang perbedaan kekuatan masing-masing perlingdungan dari SPF tersebut presentasenya sangat sedikit. Jika SPF15 memprotek kulit dari sinar uv sampai 93%, SPF30 97% dan SPF50 98%. Maka dari itu memilih SPF juga harus dengan bijak.

TINGKAT SPF YANG DIBUTUHKAN KULIT DI BAWAH MATAHARI

Berapakah tingginya tingkatan pada SPF yang lebih baik untuk kulit? Karena rentang perbedaan kekuatan perlindungan kulit terhadap sinar buruk matahari yang tidak jauh berbeda, sebaiknya memilih menggunakan SPF 30 untuk aktivitas sehari-hari dan memilih menggunakan SPF50 untuk kulit sensitif. Tetapi jika kamu memilih sunscreen untuk perlindungan kulit wajah maka kandungan yang optimal adalah SPF30 atau SPF35 karena jika memilih SPF yang lebih tinggi dapat menyebabkan komedo pada wajah. SPF50 bisa dipilih untuk produk (body lotion) agar kulit terlindungi ketika beraktivitas di bawah sinar matahari secara optimal.

Lalu bagaimana cara menentukan SPF yang tepat untuk kulit, agar kulit mendapat perlindungan secara menyeluruh?

Jika ingin memilih SPF yang dibutuhkan kulit sebaiknya pertimbagkan berapa lama ingin berjemur, jenis kulit, dimana berada atau ingin beraktivitas dimana saat terekspos matahari. 

Inilah tingkat SPF yang dibutuhkan kulit di bawah sinar matahari yang kami rekomendasikan untuk Anda.


Sumber: medicalnewstoday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *