Manfaat Kolagen Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Kolagen Untuk Kecantikan Kulit

MANFAAT KOLAGEN UNTUK KECANTIKAN KULIT

Kolagen adalah protein struktural utama dalam ruang ekstraseluler dalam berbagai jaringan ikat dalam tubuh. Sebagai komponen utama jaringan ikat, ini adalah protein paling banyak pada mamalia, membuat 25% hingga 35% dari seluruh kandungan protein tubuh. Kolagen terdiri dari asam-asam amino yang disatukan untuk membentuk heliks rangkap tiga dari fibril memanjang. Sebagian besar ditemukan di jaringan fibrosa seperti tendon, ligamen, dan kulit.

MANFAAT KOLAGEN UNTUK KECANTIKAN KULIT

Anda pernah mendengarnya oleh para pakar kesehatan, ahli kecantikan, dan bahkan mungkin sahabat Anda. Collagen adalah kata kunci baru di bibir semua orang, dan sekarang dapat ditemukan di hampir semua hal – mulai dari krim dan kosmetik, hingga bubuk dan pil.

Sebagai protein paling banyak di dalam tubuh, kolagen tersedia di otot, kulit, darah, tulang, tulang rawan, dan ligamen. Anda mungkin ingin mempertimbangkan memeras dalam porsi tambahan protein vital ini karena beberapa alasan, karena kolagen adalah bahan pembangun yang:

  • mempromosikan elastisitas kulit
  • menyatukan tulang dan otot Anda
  • melindungi organ Anda
  • menyediakan struktur untuk sendi dan tendon

Kabar baiknya adalah bahwa tubuh Anda memproduksi kolagen secara teratur. Tapi, itu melambat seiring bertambahnya usia.

Kebiasaan gaya hidup lain yang dapat menghentikan produksi kolagen termasuk merokok, paparan sinar matahari, dan diet yang tidak sehat. Beberapa kondisi kesehatan juga dapat menghabiskan penyimpanan kolagen Anda. Dan tanpa bahan penyusun penting ini, Anda mungkin mulai melihat kerutan dan kulit yang kendur, atau bahkan mengalami nyeri sendi.

Teruslah membaca untuk menemukan lima manfaat spesifik yang mungkin Anda alami jika Anda meluangkan waktu untuk meningkatkan konsumsi kolagen Anda.

Baca Juga: Bahaya Merkuri dalam Produk Perawatan Kulit

Lima Manfaat Utama Kolagen:

MANFAAT KOLAGEN UNTUK KECANTIKAN KULIT
Dapat meredakan nyeri sendi

Saat tulang rawan Anda melemah dan memburuk seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mulai merasa persendian yang kaku dan pegal. Mungkin saja menambah asupan kolagen Anda dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan mengurangi gejala artritis.

Dapat menghambat penuaan kulit

Salah satu manfaat kolagen yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mempromosikan kulit yang bersinar dan cerah. Protein esensial ini memberikan elastisitas pada kulit, membuatnya tampak lebih muda dan sehat.

Tetapi seiring bertambahnya usia dan produksi kolagen menurun, garis-garis halus, kulit kendur, dan kekeringan dapat terjadi. Jadi apa yang terjadi jika Anda menambah asupan kolagen dengan suplemen? Para wanita yang menggunakan kolagen menunjukkan peningkatan elastisitas kulit dalam waktu empat minggu.

Membantu membangun otot dan membakar lemak

Kolagen adalah komponen utama dari jaringan otot, jadi seharusnya tidak mengherankan bahwa itu dapat memiliki dampak besar ketika datang untuk membangun massa otot. Ditambah lagi, kolagen juga mengandung sejumlah glisin pekat, suatu asam amino yang terlibat dalam sintesis kreatin.

Dapat mengurangi selulit

Selain menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya, kolagen juga dapat membantu meningkatkan penampilan selulit yang membandel. Selulit adalah ketika lapisan lemak di bawah kulit mendorong ke atas jaringan ikat, menciptakan penampilan lesung atau kental di kulit.

Sumber: healthline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *