Perawatan Kulit Berjerawat di Rumah

Perawatan Kulit Berjerawat di Rumah

PERAWATAN KULIT BERJERAWAT DI RUMAH

Jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum di dunia, mempengaruhi sekitar 85% orang di beberapa titik dalam hidup mereka. Perawatan jerawat konvensional bisa mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan seperti kekeringan, kemerahan dan iritasi. Ini telah mendorong banyak orang untuk mencari cara menyembuhkan jerawat secara alami di rumah.

Jerawat mempengaruhi sebagian besar remaja dan sejumlah besar orang dewasa. Kondisi ini melibatkan penumpukan sebum di pori-pori kulit. Sebum adalah zat berminyak yang dibuat oleh kelenjar sebaceous di bawah kulit. Ketika ini menyumbat, ia dapat terbentuk di permukaan kulit. Ini adalah bintik-bintik kecil, merah, nanah atau jerawat. Bercak mulai dari ringan dan kadang-kadang hingga parah dan berkelanjutan.

Dampak utama jerawat adalah pada kualitas hidup. Seseorang dengan jerawat dapat mengalami kecemasan, malu, dan kehilangan kepercayaan. Sebagian besar remaja dan sejumlah besar orang dewasa mengalami jerawat. Perawatan metode presisi dapat membantu mengatasi efek emosional dan psikologis. Stres, kegelisahan, rambut berminyak, dan diet tinggi lemak, tinggi gula dapat meningkatkan risiko pada beberapa orang.

Baca Juga: Beberapa Faktor Penyebab Jerawat Pada Wajah

Munculnya jerawat meningkatkan risiko infeksi. Krim perawatan jerawat yang dijual bebas seringkali mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan belerang. Obat untuk jerawat termasuk pengobatan topikal, antibiotik, isotretinoin, dan terapi laser dan cahaya.

Iklim yang panas dan lembab dengan peningkatan risiko berkeringat juga bisa memperburuknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya karbohidrat atau cokelat dapat memicu jerawat, tetapi hubungannya belum dikonfirmasi. Memasak makanan berminyak dapat memperburuk gejala karena pori-pori yang menghalangi minyak. Namun, makan makanan berminyak belum menunjukkan tanda-tanda yang sama yang secara langsung mempengaruhi jerawat.

Perawatan Simple di Rumah yang Bisa Dilakukan:

PERAWATAN KULIT BERJERAWAT DI RUMAH
  1. Jauhkan telepon Anda dari kulit karena ada residu atau sebum pada permukaan kulitnya.
  2. Kacamata juga terkumpul sebagai kulit dan residu, jadi bersihkanlah secara teratur.
  3. Sebelum menyentuh wajah, cuci tangan Anda dengan sabun.
    Cukur.
  4. Orang yang bercukur harus menggunakan pisau cukur keselamatan dengan pisau tajam atau alat cukur listrik.
  5. Sebelum bercukur, kulit lembut dengan mandi air hangat atau mencuci dengan air sabun yang hangat.
  6. Jaga kebersihan tangan dan kuku Anda dengan mencuci secara teratur dengan sabun. Biarkan kuku Anda pendek.
  7. Penting untuk menghapus semua jenis riasan sebelum tidur.
  8. Cucilah wajah dengan lembut tidak lebih dari dua kali sehari untuk mengurangi gejala jerawat yang meningkat.

Jerawat dapat mendorong infeksi meledak lebih jauh ke dalam kulit, menyebabkan penyumbatan yang lebih serius dan pembengkakan dan kemerahan yang lebih parah. Munculnya jerawat juga meningkatkan risiko jaringan parut.

Jerawat adalah masalah umum dengan sejumlah penyebab yang mendasarinya. Namun, perawatan konvensional dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan dan iritasi. Untungnya, banyak solusi alami juga bisa efektif. Obat rumahan yang tercantum dalam artikel ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang, tetapi mungkin patut dicoba. Namun demikian, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki jerawat parah.

Sumber: healthline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *