Perawatan dan Pengobatan Jerawat

Perawatan dan Pengobatan Jerawat

PERAWATAN DAN PENGOBATAN JERAWAT
  1. cuci menggunakan sabun lembut dan air hangat
  2. cuci dengan lembut dan jangan menggosok kulit
  3. oleskan lotion OTC yang mengandung benzoil peroksida dengan ujung jari

hal-hal yang dapat Memperburuk Jerawat

Rambut

Bagaimana rambut dapat memperburuk jerawat? Sebum dan residu kulit terkumpul di rambut, jadi jaga agar rambut tetap bersih dan jauh dari wajah. Beberapa produk rambut, seperti yang mengandung cokelat atau mentega kelapa, dapat memperburuk jerawat.

Paparan sinar matahari

Penggunaan tanning bed atau paparan berlebih untuk sinar matahari dapat menghasilkan produksi lebih banyak sebum, serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Berbagai persiapan OTC tersedia dari apotek dan toko obat, biasanya dalam bentuk gel, pembalut, krim, lotion, dan sabun. Sebagian besar dari ini adalah perawatan topikal, untuk dioleskan langsung ke kulit.

Baca Juga: Apa Penyebab Paha Bagian Dalam yang Gelap?

Sebagian besar produk OTC untuk jerawat atau jerawat mengandung bahan aktif berikut:
PERAWATAN DAN PENGOBATAN JERAWAT
  1. Resorcinol: Ini membantu pemecahan komedo dan komedo. Bahan aktif yang sama digunakan untuk mengobati ketombe, eksim, dan psoriasis.
  2. Benzoil peroksida: Bahan aktif ini menyerang dan membunuh bakteri dan memperlambat produksi minyak kelenjar. Benzoyl bekerja sebagai agen pengelupasan, mempercepat pergantian kulit dan membersihkan pori-pori. Ini, pada gilirannya, mengurangi jumlah bakteri di daerah yang terkena.
  3. Asam salisilat: Ini memecah komedo dan whiteheads dan memperlambat penumpahan sel yang melapisi folikel kelenjar minyak. Ini efektif dalam mengobati peradangan dan pembengkakan. Asam salisilat juga digunakan sebagai fungisida dan banyak shampoo ketombe. Asam salisilat menyebabkan epidermis untuk meluruhkan kulit lebih mudah, mencegah pori-pori tersumbat, dan menciptakan ruang bagi sel-sel baru untuk tumbuh
  4. Belerang: Ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim. Belerang membantu dengan memecah komedo dan komedo. Tidak jelas bagaimana cara kerjanya, tetapi unsur sulfur perlahan-lahan teroksidasi menjadi asam sulfur, yang memiliki sifat antibakteri.
  5. Retin-A: Ini mencabut pori-pori yang diblokir. Retin-A mengandung Tretinoin, bentuk asam dari vitamin A. Diterapkan pada kulit, ia bertindak sebagai kulit kimia.
  6. Asam azelaic: Ini menguatkan sel-sel yang melapisi folikel, menghentikan erupsi minyak, dan mengurangi pertumbuhan bakteri. Ini adalah asam dikarboksilat jenuh yang ditemukan secara alami dalam gandum, gandum hitam, dan gandum. Asam azelaic juga mengurangi peradangan dengan menghilangkan radikal bebas.

Obat OTC akan memiliki konsentrasi berbeda dari bahan aktif ini. Dianjurkan untuk memulai dengan kekuatan terendah. Pada awalnya, Anda mungkin mengalami iritasi kulit, kemerahan, atau terbakar, tetapi ini biasanya berhenti dengan penggunaan berkelanjutan.

Pengobatan Jerawat untuk Kulit Sensitif

Orang dengan kulit sensitif umumnya disarankan untuk menggunakan krim atau lotion. Beberapa perawatan jerawat pelembab tersedia untuk pembelian online. Gel cenderung lebih baik untuk orang dengan kulit berminyak. Gel biasanya berbasis alkohol dan mengeringkan kulit. Gel perawatan jerawat tersedia untuk dibeli secara bebas atau secara online.

Jika obat OTC tidak efektif, profesional kesehatan mungkin dapat membantu dengan perawatan resep topikal. Contoh obat topikal yang tersedia dengan resep termasuk tazarotene, adapalene, dan tretinoin. Mereka semua berasal dari vitamin A.

Efek samping yang terkait dengan obat resep topikal termasuk terbakar, mengelupas, kemerahan, dan menyengat. Pasien harus tetap berhubungan dengan dokter mereka untuk meminimalkan efek samping.

Sumber: medicinenet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *