PENYEBAB KETIAK DAN SELANGKANGAN GELAP

Apa Penyebab Paha Bagian Dalam yang Gelap?

PENYEBAB KETIAK DAN SELANGKANGAN GELAP

Kulit gelap pada paha bagian dalam dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari warna kulit. Ini terjadi ketika kulit pada paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini disebut hiperpigmentasi. Perubahan warna paha bagian dalam yang gelap bahkan bisa meregang ke area bikini atau selangkangan.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang dapat mengalami penggelapan kulit pada paha bagian dalam. Beberapa alasan ini termasuk: radang, yang dapat terjadi selama latihan atau berjalan, dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna ketidakseimbangan hormon, terutama di antara wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau di antara mereka yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu paparan sinar matahari kulit kering gesekan dari pakaian ketat acanthosis nigricans, kelainan pigmentasi kulit diabetes mellitus

Seseorang yang obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk paha bagian dalam yang gelap karena radang kulit. Anda juga berisiko lebih tinggi jika Anda memiliki ketidakseimbangan hormon atau diabetes mellitus, atau Anda minum obat-obatan tertentu.

Apa Penyebab Ketiak Gelap?

Ketiak Anda seharusnya secara alami memiliki warna yang sama dengan bagian kulit lainnya. Namun terkadang, kulit di ketiak bisa berubah rona lebih gelap. Ketiak gelap biasanya bukan pertanda sesuatu yang serius, tetapi beberapa orang mungkin menganggapnya memalukan – terutama selama musim tank top dan baju renang.

Gelap sering disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans (AN). Ini menyebabkan kulit menebal dan menggelap dalam lipatan di sekitar tubuh. Area gelap yang umum meliputi:

  1. Ketiak
  2. bagian belakang leher
  3. kunci paha
  4. siku
  5. lutut

Kulit Anda mungkin juga gatal atau berbau busuk di area tersebut.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Wanita

Apa yang Menyebabkan Kondisi ini, dan Siapa yang Berisiko?

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut mengapa ini terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan.
Warna kulit Anda ditentukan oleh sel-sel pigmen yang disebut melanosit. Ketika sel-sel ini bertambah banyak, mereka dapat mengubah warna kulit menjadi lebih gelap.

Siapa pun dapat mengembangkan AN, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih besar. AN terkadang berasal dari keturunan. Anda mewarisinya melalui gen yang salah. Anda lebih mungkin menjadi sumber tepercaya untuk memiliki bercak-bercak hitam di kulit Anda jika Anda memiliki orang tua, saudara kandung, atau kerabat dekat lainnya dengan kondisi tersebut.

Meskipun AN biasanya bersifat genetik atau terkait dengan kondisi yang mendasarinya, ada beberapa sumber bukti trusted bahwa pencabutan rambut mungkin juga menjadi penyebabnya. Diperkirakan bahwa iritasi akibat pencukuran berulang-ulang atau pencabutan dapat merangsang produksi melanosit berlebih.

Lebih dari setengah orang dewasa yang 200 persen atau lebih di atas berat badan ideal mereka mengalami penggelapan di ketiak dan lipatan kulit lainnya.     

Sumber: healthline 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *